HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA

Authors

  • Chandra Gus Saputra Universitas PGRI Palembang
  • Nila
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah

Keywords:

Learning Obstacle, Hypothetical Learning Trajectory, Perbandingan Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu lintasan belajar pada pembelajaran perbandingan trigonometri, Hypothetical Learning Trajectory dirancang dengan memperhatikan Learning Obstacle yang dialami siswa. Banyaknya siswa yang mengalami hambatan belajar (Learning Obstacle) pada materi perbandingan trigonometri dibuktikan melalui studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMA Negeri 22 Banyuasin kelas XI IPA 1 sebanyak 20 siswa pada semester Genap. Penelitian ini merupakan penelitian disain didaktis (Didactical Desaign research) pada tahap analisis prospektif. Hambatan belajar yang sering dialami oleh siswa pada materi perbandingan trigonometri seperti siswa tidak bisa meentukan nilai rasio trigonometri pada segitiga siku-siku, siswa tidak mengetahui bagaimana menyelesaikan permasalahan kontekstual menggunakan perbandingan trigonometri dan siswa belum memahami materi prasyarat terlebih dahulu. Peneliti memberikan sebuah solusi dengan membuat desain pembelajaran dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Chandra Gus Saputra, Kesumawati, N., & Fahriza Fuadiah, N. (2021). HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA. JURNAL DIDAKTIS INDONESIA, 1(2), 116–125. Retrieved from http://journal.didaktis.id/index.php/jurnaldidaktisindonesia/article/view/14