DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN RUMUS LUAS SEGI EMPAT UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah ngatasi hambatan belajar siswa dalam luas segi empat serta meningkatkan bepikir kritis siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah desain didaktis pembelajaran rumus luas segi empat untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hambatan belajar siswa ketika belajar rumus luas segi empat, mengetahui desain didaktis rumus luas segi empat yang dapat memfasilitasi berpikir kritis dan mengetahui proses berpikir kritis siswa ketika belajar rumus luas segi empat. Penelitian ini menggunkan penelitian Desain Didaktis atau Didactical Design Research (DDR) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu desain didaktis pembelajaran rumus luas segi empat dikemas menjadi videodengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa,hal ini terbukti berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kegiatan pretest yang berhasil hanya sebesar 7% dengan nilai rata-rata sebesar 51 kemudianpresentasesiswapadakegiatan posttest yang berhasilmeningkatmenjadi 100% dengan rata-rata nilai 83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain didaktis pembelajaran rumus luas segi empat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Supriyadi Semarang.