ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mayaratih
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Ryky Mandar Sary Universitas PGRI Semarang

Keywords:

learning obstacle, sekolah dasar, pecahan, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dan mendeskripsikan learning obstacle siswa kelas V dalam belajar operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan metode pedoman observasi, pedoman tes soal evaluasi, pedoman wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran pada kelas V, tes soal digunakan untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran melalui melihat nilai tes soal evaluasi, wawancara untuk mengetahui hambatan yang terjadi sebenarnya yang dialami oleh siswa.Berdasarkan hasil analisis data tes tertulis, observasi, dan wawancara menunjukkan bahwa adanya learning obstacle yang dialami siswa. learning obstacle yang terjadi pada subjek yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacleDidaktical obstacle yang diakibatkan karena siswa salah pehamaman tentang yang disampaikan oleh gurunya mengenai menyamakan penyebut, siswa salah pemahaman dalam menyamakan penyebut mencari KPK tetapi siswa menyamakn penyebut mencari KPK dengan cara saling mengalikan penyebut

Kata Kunci: learning obstacle, sekolah dasar, pecahan, matematika

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Mayaratih, Saputro, B. A., & Sary, R. M. (2022). ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL DIDAKTIS INDONESIA, 2(1), 52–64. Retrieved from http://journal.didaktis.id/index.php/jurnaldidaktisindonesia/article/view/21